Kamis, 30 Juni 2011

power point

Pengertian Media
Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari “Medium” yang secara harfiah berarti “Perantara” atau “Pengantar” yaitu perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan.
Beberapa ahli memberikan definisi tentang media pembelajaran.
Schramm (1977) mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Briggs (1977)
berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.

Kesimpulan
media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.

Fungsi media pembelajaran:
Brown (1973) mengungkapkan bahwa media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi terhadap efektivitas pembelajaran.

Perkembangan fungsi media pembelajaran:
Pada mulanya, media pembelajaran hanya berfungsi sebagai alat bantu guru untuk mengajar yang digunakan adalah alat bantu visual.
Sekitar pertengahan abad Ke –20 usaha pemanfaatan visual dilengkapi dengan digunakannya alat audio, sehingga lahirlah alat bantu audio-visual.
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), khususnya dalam bidang pendidikan, saat ini penggunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif, seperti adanya komputer dan internet.

FUNGSI MEDIA
Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik. Pengalaman tiap peserta didik berbeda-beda, tergantung dari faktor-faktor yang menentukan kekayaan pengalaman anak, seperti ketersediaan buku, kesempatan melancong, dan sebagainya.
Media pembelajaran dapat mengatasi perbedaan tersebut. Jika peserta didik tidak mungkin dibawa ke obyek langsung yang dipelajari, maka obyeknyalah yang dibawa ke peserta didik. Obyek dimaksud bisa dalam bentuk nyata, miniatur, model, maupun bentuk gambar – gambar yang dapat disajikan secara audio visual dan audial.

2. Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas.
Banyak hal yang tidak mungkin dialami secara langsung di dalam kelas oleh para peserta didik tentang suatu obyek, yang disebabkan, karena :
(a) obyek terlalu besar;
(b) obyek terlalu kecil;
(c) obyek yang bergerak terlalu lambat;
(d) obyek yang bergerak terlalu cepat;
(e) obyek yang terlalu kompleks;
(f) obyek yang bunyinya terlalu halus;
(f) obyek mengandung berbahaya dan resiko tinggi.

Melalui penggunaan media yang tepat, maka semua obyek itu dapat disajikan kepada peserta didik.

3. Media pembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan lingkungannya.
4. Media menghasilkan keseragaman pengamatan
5. Media dapat menanamkan konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis.
6. Media membangkitkan keinginan dan minat baru.
7. Media membangkitkan motivasi dan merangsang anak untuk belajar.
8. Media memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak

Jenis Media Pembelajaran:

Media Visual : grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik
Media Audial : radio, tape recorder, laboratorium bahasa, dan sejenisnya
Projected still media : slide; over head projector (OHP), dan sejenisnya
Projected motion media : film, televisi, video (VCD, DVD), komputer dan sejenisnya.


Kriteria pemilihan media:
Kriteria yang paling utama dalam pemilihan media bahwa media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai.
Contoh :
bila tujuan atau kompetensi peserta didik bersifat menghafalkan kata-kata tentunya media audio yang tepat untuk digunakan.
Jika tujuan atau kompetensi yang dicapai bersifat memahami isi bacaan maka media cetak yang lebih tepat digunakan.
Kalau tujuan pembelajaran bersifat motorik (gerak dan aktivitas), maka media film dan video bisa digunakan. Di samping itu, terdapat kriteria lainnya yang bersifat melengkapi (komplementer), seperti:

-biaya,
-ketepatgunaan;
-keadaan peserta didik;
-ketersediaan;
-dan mutu teknis.

Rabu, 29 Juni 2011

MODUL PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN : SD.Kanjuruhan 01 Malang
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
KELAS / SEMESTER : V / I
ALOKASI WAKTU : 3 JP/Minggu
HARI, TANGGAL : Selasa, 06-06-2011
I.STANDAR KOMPETENSI :
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Buddha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
II.KOMPETENSI DASAR :
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
III.INDIKATOR :
1. Menemutunjukkan pada peta beberapa suku bangsa yang ada di Indonesia.

2 Menceritakan pentingnya perbedaan dalam mempersatukan wilayah Indonesia.
3. Mengidentifikasikan keragaman budaya yang terdapat di Indonesia.

4. Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Agar siswa mengetahui peta beberapa suku bangsa yang ada di Indonesia.
2. Agar siswa memahami perbedaan dalam mempersatukan wilayah negara Indonesia.
3. Agar siswa mampu mengindentifikasi keragaman budaya yang ada di Indonesia
4. Agar siswa mampu mengembangkan sikap menghormti keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

V. METODE PEMELAJARAN :
a. Ceramah berfariasi;
b. Diskusi;
c. Tanya Jawab;
d. Kerja Kelompok;
e. Percobaan;
f. Pengamatan;
g. Penugasan.

VI. MATERI POKOK :
Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

Selasa, 28 Juni 2011

IPS KELAS 5 SD

I. Suku Bangsa yang Beragam


Pertama mengenai Suku bangsa anak-anak. Ayo apa saja yang kalian ketahui Suku bangsa yang terdapat di Indonesia? Tahukah kalian Suku bangsa di Indonesia itu berjumlah sekitar 500 macam, Banyak bukan. Kamu juga dapat menemukan berbagai suku bangsa tersebut di daerahmu masing-masing. Selain itu, kamu juga dapat menemukan mereka tanpa harus mengunjungi asal mereka, mudah ditemui bukan. Saat ini berbagai suku bangsa Indonesia banyak yang telah menetap di berbagai daerah lain. Di tempat tinggalmu mungkin terdapat penduduk yang asalnya dari suku bangsa lain. Sekarang coba, Dapatkah kamu menyebutkan suku bangsa yang terdapat di sekitar lingkunganmu? Dapat kamu ketahui Jakarta, sebagai ibukota Negara Indonesia kita merupakan pusat berkumpulnya penduduk Indonesia dari berbagai daerah. Di situlah kamu dapat menemukan berbagai suku bangsa Indonesia.

Latihan soal..

§ Suku bangsa melayu terdapat di provinsi mana sajakah...

§ Nama Suku asli yang terdapat di DKI Jakarta adalah...

II. Kebudayaan yang Beragam



Apakah yang dimaksud budaya, kalian tahu? Anak-anak Budaya adalah hasil budi dan daya manusia.

Selain itu, budaya dapat diartikan sebagai hasil cipta, karsa, dan rasa manusia. Nah Artinya segala

sesuatu yang telah menjadi pemikiran seseorang, atau hasil ciptaan manusia dapat disebut budaya.

Di Indonesia anak-anak, terdapat berbagai macam suku bangsa. Setiap suku bangsa tersebut

mempunyai kebudayaan masing-masing, oeh karena itu di Indonesia terdapat kebudayaan yang

beraneka ragam.



1. Bahasa Daerah
Bahasa daerah apa yang kamu gunakan? Apakah teman atau tetanggamu mampu berbahasa daerah yang berbeda denganmu? Tahukah kamu, bahwa Indonesia memiliki ratusan bahasa daerah. Dalam satu provinsi bahkan terdapat beberapa bahasa daerah. Inilah kekayaan bangsa Indonesia. Untuk menjaga kelestariannya, kamu perlu menguasai bahasa daerahmu. Bahasa daerah apa yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia? Bahasa daerah yang banyak digunakan adalah bahasa Jawa, sebab sebagian besar penduduk Indonesia adalah suku Jawa. Bahasa nasional negara Indonesia adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebenarnya berasal dari bahasa Melayu. Pada tanggal 28 Oktober 1928, bangsa Indonesia sepakat menggunakan bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa persatuan Indonesia. Apa alasannya? Sebab bahasa Melayu telah digunakan masyarakat di berbagai daerah untuk berkomunikasi. Selain itu bahasa Melayu juga sangat mudah dipelajari.

Soal latihan

§ Dari mana asal bahasa Asmat...

§ Apa nama bahasa daerah yang digunakan di pulau jawa...



2. Rumah Adat di Berbagai Daerah
Dimanakah tempat tinggalmu anak-anak, Apakah tempat tinggal kamu di desa atau di kota? Kalau kamu tinggal di desa, tentu akan menemukan bentuk rumah asli daerah. Tetapi kalau tinggal di kota, maka sulit untuk menemukan bentuk rumah asli daerah kita. Masyarakat Indonesia memiliki berbagai bentuk rumah adat dari berbagai daerah. Perbedaan bentuk rumah disebabkan oleh lingkungan alam dan masyarakat.

Contohnya rumah joglo berasal dari Jawa Tengah. Mengapa rumah gadang menyerupai model panggung? Salah satu alasannya adalah kondisi alam di Sumatera. Di Sumatera terdapat banyak hutan yang lebat, sehingga banyak binatang buas. Dengan membuat rumah model panggung maka akan lebih aman. Rumah panggung juga cukup baik untuk perlindungan ketika air sungaimeluap. Sedangkan Rumah model joglo dan limasan adalah rumah dengan ruangan yang luas. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi alam dan masyarakat di Jawa. Masyarakat di Jawa sebagian besar adalah petani, sehingga rumah yang besar dapat digunakan untuk menyimpan padi sebelum dimasukkan dalam lumbung. Selain itu, kebiasaan masyarakat Jawa melakukan upacara kenduri pada masa lalu, sehingga memerlukan ruangan yang luas untuk pertemuan. Perbedaan rumah adat dari berbagai daerah juga sangat dipengaruhi oleh perkembangan seni di daerah tersebut. Perkembangan seni ukir di Jawa Tengah banyak mempengaruhi model-model hiasan rumah di Jawa.

Latihan soal

§ Rumah adat yang bernama Joglo terdapat di daerah...

§ Apa nama rumah adat yang terdapat di provinsi Sumatera Barat

3. Pakaian Adat di Berbagai Daerah
Anak-anak Pakaian digunakan manusia untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari, maupun gesekan yang menyebabkan kerusakan. Pakaian juga berguna untuk menjaga kehormatan manusia. Pada awalnya manusia hanya menggunakan daun-daun atau kulit kayu untuk menutupi tubuhnya. Kemudian mereka dapat membuat kain sebagai penutup tubuhnya. Hanya sebagian masyarakat Indonesia yang masih menggunakan kulit kayu untuk menutupi tubuhnya Perkembangan pakaian masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia menyesuaikan dengan kondisi alam dan sosial masyarakat. Masyarakat yang tinggal di daerah dingin, pakaiannya cenderung tebal. Sedangkan masyarakat yang tinggal di daerah panas, pakaiannya cenderung tipis dan menyerap keringat. Mereka menggunakan pakaian adat terutama ketika ada upacara- upacara adat misalnya dalam pesta pernikahan. Jas tutup dan destar dari D.K.I Jakarta (Betawi) dan Jawa Barat; baju beskap dan blangkon dari Jawa Tengah; baju surjan dan blangkon dari D.I Yogyakarta; jas tutup dan blangkon dari Jawa Timur; baju teluk belanga dan destar dari Riau; ulos dan sabe-sabe (tutup kepala) dari Sumatra Utara; bajurompi dan destar dari Kalimantan Selatan, dan sebagainya.

Latihan Soal

§ Apa jenis pakaian adat dari D.K.I Jakarta...

§ baju surjan dan blangkon terdapat di provinsi....



4.Kesenian di Berbagai Daerah

pengertian dari kesenian begini anak-anak. Segala sesuatu ciptaan manusia yang Berhubungan dengan keindahan disebut kesenian. Kesenian adalah bagian dari budaya. Kesenian apa saja yang dapat kamu temukan pada masyarakat Indonesia di berbagai daerah?

a. Tarian Daerah
Apakah nama tarian daerahmu? Apakah makna atau arti tarian tersebut? Seni tari diciptakan manusia untuk mengungkapkan perasaan. Tarian daerah biasanya memiliki maksud atau makna tertentu. Misalnya setelah melakukan panen, masyarakat menari-nari sebagai wujud kebahagiaan. Karena dilakukan setiap tahun, akhirnya menghasilkan bentuk karya seni tari. Selain mengungkapkan rasa senang, tarian juga diciptakan untuk mengungkapkan rasa sedih, memberi semangat, penyambutan tamu, dan sebagainya. Seni tari biasanya dilengkapi dengan pakaian tari. Masyarakat Indonesia mempunyai berbagai macam seni tari dan pakaian yang digunakannya.

Kegiatan yang kalian lakukan...!

Latihan soal

§ Tari Kipas Berasal dari daerah dan memiliki makna...

§ Apa nama tarian daerah yang terdapat di provinsi Jawa Timur sekaligus maknanya…



b. Lagu Daerah
Seperti halnya tarian, lagu juga dimaksudkan untuk mengungkapkan perasaan seseorang. Lagu-lagu daerah banyak pula yang menjadi pengiring seni tari. Dapatkah kamu menyanyikan satu lagu daerah? Apa maksud lagu daerah tersebut?

Latihan Soal

§ keraban Sapi Berasal dari daerah...

§ Apa nama lagu daerah yang berasal di provinsi kalimantan selatan…

c. Seni Pertunjukan
Hiburan merupakan seni pertunjukan yang dibuat manusia untuk menghibur penonton. Masyarakat Indonesia telah menciptakan berbagai macam hiburan sejak dahulu. Hiburan dapat berupa pertunjukan sederhana sampai dengan pertunjukan dengan perlengkapan yang banyak. Masyarakat Indonesia mempunyai beberapa seni pertunjukan yang masih berkembang hingga saat ini.

Latihan

§ Reog merupakan kesenian daerah yang berasal dari...

§ Apa nama kesenian daerah yang berasal di provinsi DKI Jakarta…



d. Alat Musik

Alat musik biasanya digunakan

untuk mengiringi lagu atau seni

pertunjukan. Alat musik apa saja

yang kamu ketahui? Mampukah

kamu memainkan alat music
tersebut?


 Gamelan merupakan alat musik yang berasal dari daerah...

 Apa nama lagu alat musik yang berasal di provinsi Papua…


e. Upacara Adat

Upacara adat apa saja yang terdapat di Indonesia? Upacara pernikahan, peringatan kematian, syukuran, tolak bala (menolak bencana) merupakan contoh upacara adat yang ada di berbagai daerah. Perkembangan upacara adat sangat erat dengan perkembangan kepercayaan dan agama di masyarakat Indonesia.Coba kamu perhatikan contoh upacara adat di berbagai daerah berikut ini!

• Upacara Wiwit untuk Panen Padi

Masyarakat Jawa pada masa lalu mempercayai adanya Dewi Sri sebagai Dewi Padi. Dewi inilah yang menjaga dan memberikan kesuburan kepada sawah milik petani. Para petani merasa bersyukur dengan panen padi yang akan mereka lakukan. Kemudian mereka mewujudkan rasa syukur itu dengan melakukan upacara Wiwit. Wiwit dalam bahasa Indonesia artinya memulai. Para petani memberikan sedekah untuk mewujudkan rasa syukur berupa makanan yang ditaruh di sawah.

• Upacara Ngaben di Bali

Upacara ini sebenarnya merupakan pengaruh dari agama Hindu. Sebagian besar masyarakat Hindu di Bali percaya bahwa tubuh manusia yang telah meninggal akan kembali lagi ke dunia yang disebut reinkarnasi. Agar perjalanan reinkarnasi lebih cepat, maka jenazah manusia yang telah meninggal dunia harus dibakar. Abu pembakaran kemudian dilarung atau dihanyutkan ke sungai atau ke laut. Abu tersebut akan segera terangkat naik bersamaan penguapan air. Selanjutnya akan turun lagi ke bumi bersamaan dengan air hujan.

· Upacara Kasodo di Jawa Timur

Upacara Kasodo merupakan suatu upacara keagamaan yang diselenggarakan masyarakat Tengger, Jawa Timur. Masyarakat Tengger mengirim kurban kepada leluhur mereka yang ada di kawah Gunung Bromo.

· Ngutang Mayit di Bali

Masyarakat Bali ada yang tidak mengubur jenazah orang yang telah meninggal. Di desa Trunyan, manusia yang telah meninggal ditaruh di bawah pohon dan tidak dikubur atau dibakar. Upacara penyemayaman mayat di bawah pohon ini disebut Ngutang Mayit.

· Tindik Telinga di Kalimantan Timur

Pada masyarakat Suku Dayak, menindik (melubangi) telinga merupakan satu kebanggaan tersendiri. Mereka ada yang memasang anting lebih dari lima buah.

· Larung Sesaji di Daerah Istimewa Yogyakarta

Sebagian masyarakat DI Yogyakarta percaya bahwa di Laut Selatan (Samudera Indonesia) terdapat penguasa makhluk halus yaitu Nyai Roro Kidul. Untuk mendapatkan perlindungan dan menghindari kemarahan Ratu Selatan, sebagian penduduk melakukan upacara Larung Sesaji. Mereka memberikan sesaji dengan cara dilarung (dihanyutkan) di pantai selatan.

Latihan

§ Upacara larung sesaji diadakan di daerah...

§ Apa nama upacara adat yang berasal di provinsi Bali…

Senin, 27 Juni 2011

Soal-soal IPS

Soal-soal Latihan

Nama : ………………………………………….
Kelas : …………………………………………..
Nomor : ………………………………………….
Materi : ……………………………………………


A. Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang(x)pada huruf a, b, c,atau d!
1. Di bawah ini yang tidak termasuk budaya adalah . . . .
a. tarian, wayang, ketoprak b. suku bangsa, warna kulit
c. upacara adat, lagu, kesenian d. candi, bentuk rumah, pakaian

2. Pada lambang negara Indonesia, burung Garuda Pancasila, terdapat pita
yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya adalah . . . .
a. berbeda-beda tetapi tetap satu jua b. bersatu kita teguh bercerai kita runtuh
c. bersatulah Indonesiaku d. mari kita jaga bangsa dari perpecahan

3. Suku bangsa Dayak merupakan penduduk asli daerah . . . .
a. Sumatera Utara b. Papua
c. Kalimantan Tengah d. Nusa Tenggara Timur

4 . Suku bangsa yang berasal dari Papua yakni . . . .
a. Dayak dan Mualang b. Asmat dan Dani
c. Sasak dan Samin d. Sakai dan Gayo

5. Suku bangsa Badui merupakan suku bangsa asli yang terdapat di daerah. . . .
a. Jawa Barat b. Bali
c. Lampung d. Sulawesi Tenggara

6. Seni pertunjukkan Mamanda berasal dari provinsi . . . .
a. Jawa Barat b. Sumatera Selatan
c. Jakarta d. Kalimantan Selatan

7. Rumah Gadang merupakan rumah adat dari daerah . . . .
a. Nanggroe Aceh Daerussalam b. Sumatera Barat
c. Sumatera Selatan d. Lampung

8. Seudati merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah . . . .
a. Nanggroe Aceh Daerussalam b. Sumatera Barat
c. Kalimantan Barat d. Kalimantan Tengah

9. Ngaben adalah upacara untuk . . . .
a. menghormati nenek moyang yang telah meninggal dunia
b. peletakan sesaji di puncak gunung Agung
c. persembahan untuk makhluk halus penguasa laut selatan
d. pembakaran jenazah orang meninggal

10. Berikut ini merupakan cara mengelola perbedaan yang ada di Indonesia
kecuali . . . .
a. membantu masyarakat daerah lain dalam melestarikan rumah adat
b. berbicara dengan bahasa daerah ketika mengikuti acara kenegaraan
c. mempelajari tari-tarian dari berbagai daerah di Indonesia
d. tetap melindungi kebudayaan masyarakat yang jumlahnya sedikit

Minggu, 26 Juni 2011

Kunci jawaban

Soal Pilihan
Ganda
1.b
2.a
3.c
4.d
5.a
6.d
7.b
8.a
9.d
10.b

Soal jawaban Singkat:

1.Papua
2.Lenso/Caka Lele
3. Ketropak,Wayang Kulit,Wayang orang
4. Daerah Istimewa Yogyakarta
5. Kalimantan Timur

Soal Uraian:

1.Budaya/Kebudayaan Adalah hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat. Contohnya budaya seni. Misal, seni tari, rumah adat dan lain-lain
2.Nangroe Aceh Darusalam memiliki tarian yang bernama Seudati, maknanya tarian berlatar seorang muslim yang taat
Sumatra Barat memiliki tarian yang bernama Piring, makananya suasana gotong royong kebersatuan rakyat
3.– Ketoprak dari jawa Tengah
-Wayang Golek dari Jawa Tengah
-Reog Jawa Timur
4.Kita harus saling menghargai dan menghormati setiap kebudayaan milik bangsa Indonesia dan menganggapnya sebagai suatu jenis kekayaan suku bangsa Indonesia
5.Alosu dari Sulawesi Selatan
Angklung dari Jawa Barat
Aramba dari Nias

Sabtu, 25 Juni 2011

Kunci jawaban Uraian

KUNCI JAWABAN

kamu sudah menyelesaikan soal latihanmu, sekarang ayo coba cocokan dengan kunci jawaban dibawah ini, kamu boleh melanjutkan mengikuti lembar penilaian, apabila kamu sudah benar 70% atau 14 soal dari 20 soal yang ada. Cocokanlah!


Suku Bangsa yang Beragam
•Suku bangsa melayu terdapat di provinsi mana sajakah?Riau, Jambi, Bengkulu
•Nama Suku asli yang terdapat di DKI Jakarta adalah ? Betawi

Bahasa Daerah

•Dari mana asal bahasa Asmat ? Papua
•Apa nama bahasa daerah yang digunakan di jawa Timur ? Jawa dan Madura

Rumah Adat

•Rumah adat yang bernama Joglo terdapat di daerah ? Jawa Tengah
•Apa nama rumah adat yang terdapat di provinsi Sumatera Barat ? Rumah Gadang

Pakaian Adat

•Apa jenis pakaian adat dari D.K.I Jakarta ? Jas tutup dan destar
•baju surjan dan blangkon terdapat di provinsi ? D.I Yogyakarta


Tarian Daerah

•Tari Kipas Berasal dari daerah dan memiliki makna ? Sulawesi Selatan, bermakna tentang kemahiran gadis
•Apa nama tarian daerah yang terdapat di provinsi Jawa Timur sekaligus maknanya ? Remong, bermakna tentang kepahlawanan

Lagu Daerah

.keraban Sapi Berasal dari daerah ? Jawa Timur
•Apa nama lagu daerah yang berasal di provinsi kalimantan selatan ? Ampar-Ampar Pisang

Seni Pertunjukan

•Reog merupakan kesenian daerah yang berasal dari ? Jawa Timur
•Apa nama kesenian daerah yang berasal di provinsi DKI Jakarta ? Lenong

Alat Musik

•Gamelan merupakan alat musik yang berasal dari daerah ? Bali, Jawa tengah, Jawa Timur
•Apa nama alat musik yang berasal di provinsi Papua ? Tifa

Upacara Adat

•Upacara larung sesaji diadakan di daerah ? D. I. Yogyakarta
•Apa nama upacara adat yang berasal di provinsi Bali ? Ngaben

Bhineka Tunggal Ika

•Pada kaki Burung Garuda terdapat pita yang bertuliskan ? Bhinneka Tunggal Ika
•Apa makna tulisan yang terdapat Pada kaki Burung Garuda? walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Sabtu, 04 Juni 2011

KREATIFITAS MELALUI PLASTISIN

Kreatifitas Lewat Media Plastisin
Usia peserta didik Sekolah Dasar kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia enam sampai dengan sembilan tahun. Pada usia tersebut seluruh aspek perkembangan kecerdasan seperti IQ, EQ, dan SQ tumbuh dan berkembang sangat luar biasa. Pada umumnya tingkat perkembangan masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) serta mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialami secara langsung.Pada rentang usia tersebut anak mulai menunjukkan perilaku belajar sebagai berikut: (1) Mulai memandang dunia secara objektif, bergeser dari satu aspek situasi ke aspek lain secara reflektif dan memandang unsur-unsur secara serentak, (2) Mulai berpikir secara operasional, (3) Mempergunakan cara berpikir operasional untuk mengklasifikasikan benda-benda, (4) Membentuk dan mempergunakan keterhubungan aturan-aturan, prinsip ilmiah sederhana, dan mempergunakan hubungan sebab akibat, dan (5) Memahami konsep substansi, volume zat cair, panjang, lebar, luas, dan berat.
Dengan melalui media plastisin ini siswa diharapkan dapat menuangkan kretifitasnya menurut kecerdasan IQ,EQ,dan SQ siswa tersebut.Plastisin ini dibentuk menjadi model yang konkret sesuai imajinasi masing-masing siswa.Tentu saja dikarenakan dunia anak SD merupakan dunia bermain,maka penggunaan plastisin sebagai model belajar harus benar-benar diawasi oleh seorang guru,karena dikhawatirkan akan membahayakan diri para siswa.

Rabu, 01 Juni 2011

Dongeng"Kisah Putri yang Terbuang"

KISAH PUTRI YANG TERBUANG

Ada seorang gadis malang,bernama putri yang tinggal bersama seorang ibu tiri dan saudara tirinya yang bernama risa.Putri adalah anak pungut yang ditemukan oleh ibu tirinya ketika putri berumur 3 tahun.Selama dirawat ibu tirinya,Putri tidak mengeyam kebahagian sejak kecil hingga dewasa.Ibu tirinya bekerja sebagai pembantu rumah tangga disebuah rumah milik saudagar kaya didesanya.Saudara tirinya,Risa hanya menghambur-hamburkan uang mlik ibunya.Sedangkan putri setiap harinya hidup dalam kesengsaraan,tak pernah satu hari pun dia merasakan kebahagiaan.Namun meskipun begitu putri tetap sabar.

Suatu pagi,Putri dan Risa akan berangkat kesekolah.Sebelum berangkat kesekolah,ibu tirinya menyuruh putri untuk mencuci piring kotor.
”Putri cuci piring dulu sebelum berangkat sekolah!”.Perintah ibu tirinya.

“ibu,aku sudah telat,aku takur dihukum bu”.Mohon putri terhadap ibu tirinya.

“Heeh..........enak banget kamu,gak peduli biar kamu telat atau tidak telat,yang penting cepat cuci piring dulu!” perintah ibu tiri dengan suara lantang.

Tanpa banyak bicara putri melakukan hal itu.Risa dengan santainya berangkat ke sekolah.Sesampainya disekolah putri mendapat hukuman dari gurunya dikarenakan terlambat.
Setelah pulang sekolah,Risa dan putri berganti pakaian dan segera bersiap untuk makan siang,namun sayang ibu tiri putri melarang putri untuk makan siang karena harus membersihkan lantai terlebi dahulu.

“Heeh kamu putri,enak sekali pulang sekolah langsung makan,ngepel tuh lantai dulu.”Sambil menarik tangan putri.

“Bu,tapi putri lapar.Nanti kalau saya sudah makan putri akan melaksanakannya Bu”.Jawab lirih putri.

“Ekh kamu put,perintah ibu itu harus dilakukan jangan membangkang”.Sindir risa kepada putri.

Dengan hati sedih dan rasa lapar yang begitu hebat putri pun melakukan perintah ibu tirinya.Setelah membersihkan lantai,Putri pun mulai makan siang.Namun alangkah kecewanya dimeja makan hanya tersedia nasi dan kerupuk.Tanpa pikir panjang putri pun langsung melahapnya karena dia kelaparan.

“He...he.....he..... si putri cuman makan nasi sama krupuk aja.Nikmatin itu!” sindir risa kepada putri.
Putri hanya tertunduk diam,namun dalam hatinya menangis,Setelah makan,putri langsungmengerjakan tugas sekolahnya.Tiba-tiba terdengar suara ketukan pintu dari luar kamar putri.

“Tok....tok.......tok.”Suara ketukan pintu.

Putri membuka pintu dan ternyata itu risa.

“Heeh......kamu kerjain tugasku!” perintah risa sambil melempar buku kearah putri.

“Tapi,ris aku juga belum selesai”.Putri menolak halus.

“Heeh.......kamu berani mengelaknya,gimana kalau ki aduhin ke ibu biar kamu dihukum.”ancam risa kepada putri.

Putri pun merasa ketakutan dan akhirnya dia mau mengerjakan tugas milik risa.

Suatu malam menjelang tidur putri menangis,dia tidak tahan dengan perlakuan yang ia dapat dari ibu dan saudara tirinya tersebut.Namun,ketika tidur dia bermimpi.Di dalam mimpinya tersebut dia di beritahu agar dia bersabar karena pada suatu haru nanti dia akan bahagia.

Pagi harinya,dihari minggu,putri dan risa libur sekolah.Rencananya ibu tiri putri dan risa akan berlibur.

“ Anakku Risa,hari ini ibu akan mengajak kamu untuk pergi berlibur kepantai.”ajak ibu kepada risa.

“ Horee..........yang bener bu kita akan berlibur?”Tanya risa kegirangan

“ Bu,berarti putri juga boleh ikut?” Tanya putri dengan semangat.

“ Heeh.......sapa yang ngebolehin kamu ikut,kamu itu dirumah saja bersih-bersih rumah saja!” perintah ibu tiri dengan nada sadis.
“ Ha....ha.....ha..... kita itu malu ngajak cewek cupu seperti kamu”.Ejek risa tanpa perasaan.

Dengan hati kecewa dan sedih putri pun ikhlas jika dirinya tidak ikut berlibur.Namun dia sadar bahwa dia harus sabar karena dia yakin suatu hari dia akan menjadi orang yang berhasil.
Pada suatu waktu putri ikut membantu ibu tirinya bekerja dirumah majikan ibunya.Dengan ikhlas putri membantu pekerjaan ibunya dengan biasanya dilakukan ibunya sendiri.ketika dia istrirahat,putri duduk disofa yang terdapat diteras rumah.Tanpa disadari sang majikan menghampiri putri.

“ Nak,kamu anak pertamanya mbok ya?’ Tanya sang majikan kepada putri

“ Ya bu,Benar saya memang anak pertama”. Jawab putri dengan sopan.

Alangkah ketika sang majikan itu melihat tanda lahir ditangan putri.Dia ingat bahwa anaknya yang dulu ketika masih berumur 3 tahun telah hilang diculik orang.Namun,sang majikan tidak berani menanyakan hal itu langsung kepada putri.Didalamhati sang majikan,dia meyakini bahwa pturi itu memang anaknya yagn selama ini dicari.

“ ya Allah jika memang benar putri anakku tulang 14 tahun yang lalu adalah benar dia putri itu,maka aku mohon tuhan jangan pisahkan kita lagi”. Doa majikan didalam hati.

Beberapa hari kemudian sang majikan bertandang kerumah ibu tirinya putri.Dia bertanya banyak hal tentang putri.

“ Mbok, sebenarnya putri itu anak siapa?” Tanya sang majikan dengan nada halus.

Ibu tir putri terdiam begitu lama dan akhirnya dia bercerita jika 14 tahun yang lalu,dia menemukan.seorang balita perempuan dibuang ddepan rumahnya dan dia merawat putri hingga berumur 17 tahun saat ini.Akhirnya ibu tiri putri menceritakan sebenarnya kepada putri.Putri pun kaget bahwa dia tidak menyangka jika selama ini dia dibesarkan oleh ibu tiri.

Sejak saat itu putri diam dan sang majikan dari ibu tirinya tersebut hidup bahagia.putri tinggal dirumah yang sangat mewah dan berkecukupan.Namun,meskipun begitu putri tetap menjadi pribadi yang tidak sombong dan ramah.