Selasa, 28 Juni 2011

IPS KELAS 5 SD

I. Suku Bangsa yang Beragam


Pertama mengenai Suku bangsa anak-anak. Ayo apa saja yang kalian ketahui Suku bangsa yang terdapat di Indonesia? Tahukah kalian Suku bangsa di Indonesia itu berjumlah sekitar 500 macam, Banyak bukan. Kamu juga dapat menemukan berbagai suku bangsa tersebut di daerahmu masing-masing. Selain itu, kamu juga dapat menemukan mereka tanpa harus mengunjungi asal mereka, mudah ditemui bukan. Saat ini berbagai suku bangsa Indonesia banyak yang telah menetap di berbagai daerah lain. Di tempat tinggalmu mungkin terdapat penduduk yang asalnya dari suku bangsa lain. Sekarang coba, Dapatkah kamu menyebutkan suku bangsa yang terdapat di sekitar lingkunganmu? Dapat kamu ketahui Jakarta, sebagai ibukota Negara Indonesia kita merupakan pusat berkumpulnya penduduk Indonesia dari berbagai daerah. Di situlah kamu dapat menemukan berbagai suku bangsa Indonesia.

Latihan soal..

§ Suku bangsa melayu terdapat di provinsi mana sajakah...

§ Nama Suku asli yang terdapat di DKI Jakarta adalah...

II. Kebudayaan yang Beragam



Apakah yang dimaksud budaya, kalian tahu? Anak-anak Budaya adalah hasil budi dan daya manusia.

Selain itu, budaya dapat diartikan sebagai hasil cipta, karsa, dan rasa manusia. Nah Artinya segala

sesuatu yang telah menjadi pemikiran seseorang, atau hasil ciptaan manusia dapat disebut budaya.

Di Indonesia anak-anak, terdapat berbagai macam suku bangsa. Setiap suku bangsa tersebut

mempunyai kebudayaan masing-masing, oeh karena itu di Indonesia terdapat kebudayaan yang

beraneka ragam.



1. Bahasa Daerah
Bahasa daerah apa yang kamu gunakan? Apakah teman atau tetanggamu mampu berbahasa daerah yang berbeda denganmu? Tahukah kamu, bahwa Indonesia memiliki ratusan bahasa daerah. Dalam satu provinsi bahkan terdapat beberapa bahasa daerah. Inilah kekayaan bangsa Indonesia. Untuk menjaga kelestariannya, kamu perlu menguasai bahasa daerahmu. Bahasa daerah apa yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia? Bahasa daerah yang banyak digunakan adalah bahasa Jawa, sebab sebagian besar penduduk Indonesia adalah suku Jawa. Bahasa nasional negara Indonesia adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebenarnya berasal dari bahasa Melayu. Pada tanggal 28 Oktober 1928, bangsa Indonesia sepakat menggunakan bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa persatuan Indonesia. Apa alasannya? Sebab bahasa Melayu telah digunakan masyarakat di berbagai daerah untuk berkomunikasi. Selain itu bahasa Melayu juga sangat mudah dipelajari.

Soal latihan

§ Dari mana asal bahasa Asmat...

§ Apa nama bahasa daerah yang digunakan di pulau jawa...



2. Rumah Adat di Berbagai Daerah
Dimanakah tempat tinggalmu anak-anak, Apakah tempat tinggal kamu di desa atau di kota? Kalau kamu tinggal di desa, tentu akan menemukan bentuk rumah asli daerah. Tetapi kalau tinggal di kota, maka sulit untuk menemukan bentuk rumah asli daerah kita. Masyarakat Indonesia memiliki berbagai bentuk rumah adat dari berbagai daerah. Perbedaan bentuk rumah disebabkan oleh lingkungan alam dan masyarakat.

Contohnya rumah joglo berasal dari Jawa Tengah. Mengapa rumah gadang menyerupai model panggung? Salah satu alasannya adalah kondisi alam di Sumatera. Di Sumatera terdapat banyak hutan yang lebat, sehingga banyak binatang buas. Dengan membuat rumah model panggung maka akan lebih aman. Rumah panggung juga cukup baik untuk perlindungan ketika air sungaimeluap. Sedangkan Rumah model joglo dan limasan adalah rumah dengan ruangan yang luas. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi alam dan masyarakat di Jawa. Masyarakat di Jawa sebagian besar adalah petani, sehingga rumah yang besar dapat digunakan untuk menyimpan padi sebelum dimasukkan dalam lumbung. Selain itu, kebiasaan masyarakat Jawa melakukan upacara kenduri pada masa lalu, sehingga memerlukan ruangan yang luas untuk pertemuan. Perbedaan rumah adat dari berbagai daerah juga sangat dipengaruhi oleh perkembangan seni di daerah tersebut. Perkembangan seni ukir di Jawa Tengah banyak mempengaruhi model-model hiasan rumah di Jawa.

Latihan soal

§ Rumah adat yang bernama Joglo terdapat di daerah...

§ Apa nama rumah adat yang terdapat di provinsi Sumatera Barat

3. Pakaian Adat di Berbagai Daerah
Anak-anak Pakaian digunakan manusia untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari, maupun gesekan yang menyebabkan kerusakan. Pakaian juga berguna untuk menjaga kehormatan manusia. Pada awalnya manusia hanya menggunakan daun-daun atau kulit kayu untuk menutupi tubuhnya. Kemudian mereka dapat membuat kain sebagai penutup tubuhnya. Hanya sebagian masyarakat Indonesia yang masih menggunakan kulit kayu untuk menutupi tubuhnya Perkembangan pakaian masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia menyesuaikan dengan kondisi alam dan sosial masyarakat. Masyarakat yang tinggal di daerah dingin, pakaiannya cenderung tebal. Sedangkan masyarakat yang tinggal di daerah panas, pakaiannya cenderung tipis dan menyerap keringat. Mereka menggunakan pakaian adat terutama ketika ada upacara- upacara adat misalnya dalam pesta pernikahan. Jas tutup dan destar dari D.K.I Jakarta (Betawi) dan Jawa Barat; baju beskap dan blangkon dari Jawa Tengah; baju surjan dan blangkon dari D.I Yogyakarta; jas tutup dan blangkon dari Jawa Timur; baju teluk belanga dan destar dari Riau; ulos dan sabe-sabe (tutup kepala) dari Sumatra Utara; bajurompi dan destar dari Kalimantan Selatan, dan sebagainya.

Latihan Soal

§ Apa jenis pakaian adat dari D.K.I Jakarta...

§ baju surjan dan blangkon terdapat di provinsi....



4.Kesenian di Berbagai Daerah

pengertian dari kesenian begini anak-anak. Segala sesuatu ciptaan manusia yang Berhubungan dengan keindahan disebut kesenian. Kesenian adalah bagian dari budaya. Kesenian apa saja yang dapat kamu temukan pada masyarakat Indonesia di berbagai daerah?

a. Tarian Daerah
Apakah nama tarian daerahmu? Apakah makna atau arti tarian tersebut? Seni tari diciptakan manusia untuk mengungkapkan perasaan. Tarian daerah biasanya memiliki maksud atau makna tertentu. Misalnya setelah melakukan panen, masyarakat menari-nari sebagai wujud kebahagiaan. Karena dilakukan setiap tahun, akhirnya menghasilkan bentuk karya seni tari. Selain mengungkapkan rasa senang, tarian juga diciptakan untuk mengungkapkan rasa sedih, memberi semangat, penyambutan tamu, dan sebagainya. Seni tari biasanya dilengkapi dengan pakaian tari. Masyarakat Indonesia mempunyai berbagai macam seni tari dan pakaian yang digunakannya.

Kegiatan yang kalian lakukan...!

Latihan soal

§ Tari Kipas Berasal dari daerah dan memiliki makna...

§ Apa nama tarian daerah yang terdapat di provinsi Jawa Timur sekaligus maknanya…



b. Lagu Daerah
Seperti halnya tarian, lagu juga dimaksudkan untuk mengungkapkan perasaan seseorang. Lagu-lagu daerah banyak pula yang menjadi pengiring seni tari. Dapatkah kamu menyanyikan satu lagu daerah? Apa maksud lagu daerah tersebut?

Latihan Soal

§ keraban Sapi Berasal dari daerah...

§ Apa nama lagu daerah yang berasal di provinsi kalimantan selatan…

c. Seni Pertunjukan
Hiburan merupakan seni pertunjukan yang dibuat manusia untuk menghibur penonton. Masyarakat Indonesia telah menciptakan berbagai macam hiburan sejak dahulu. Hiburan dapat berupa pertunjukan sederhana sampai dengan pertunjukan dengan perlengkapan yang banyak. Masyarakat Indonesia mempunyai beberapa seni pertunjukan yang masih berkembang hingga saat ini.

Latihan

§ Reog merupakan kesenian daerah yang berasal dari...

§ Apa nama kesenian daerah yang berasal di provinsi DKI Jakarta…



d. Alat Musik

Alat musik biasanya digunakan

untuk mengiringi lagu atau seni

pertunjukan. Alat musik apa saja

yang kamu ketahui? Mampukah

kamu memainkan alat music
tersebut?


 Gamelan merupakan alat musik yang berasal dari daerah...

 Apa nama lagu alat musik yang berasal di provinsi Papua…


e. Upacara Adat

Upacara adat apa saja yang terdapat di Indonesia? Upacara pernikahan, peringatan kematian, syukuran, tolak bala (menolak bencana) merupakan contoh upacara adat yang ada di berbagai daerah. Perkembangan upacara adat sangat erat dengan perkembangan kepercayaan dan agama di masyarakat Indonesia.Coba kamu perhatikan contoh upacara adat di berbagai daerah berikut ini!

• Upacara Wiwit untuk Panen Padi

Masyarakat Jawa pada masa lalu mempercayai adanya Dewi Sri sebagai Dewi Padi. Dewi inilah yang menjaga dan memberikan kesuburan kepada sawah milik petani. Para petani merasa bersyukur dengan panen padi yang akan mereka lakukan. Kemudian mereka mewujudkan rasa syukur itu dengan melakukan upacara Wiwit. Wiwit dalam bahasa Indonesia artinya memulai. Para petani memberikan sedekah untuk mewujudkan rasa syukur berupa makanan yang ditaruh di sawah.

• Upacara Ngaben di Bali

Upacara ini sebenarnya merupakan pengaruh dari agama Hindu. Sebagian besar masyarakat Hindu di Bali percaya bahwa tubuh manusia yang telah meninggal akan kembali lagi ke dunia yang disebut reinkarnasi. Agar perjalanan reinkarnasi lebih cepat, maka jenazah manusia yang telah meninggal dunia harus dibakar. Abu pembakaran kemudian dilarung atau dihanyutkan ke sungai atau ke laut. Abu tersebut akan segera terangkat naik bersamaan penguapan air. Selanjutnya akan turun lagi ke bumi bersamaan dengan air hujan.

· Upacara Kasodo di Jawa Timur

Upacara Kasodo merupakan suatu upacara keagamaan yang diselenggarakan masyarakat Tengger, Jawa Timur. Masyarakat Tengger mengirim kurban kepada leluhur mereka yang ada di kawah Gunung Bromo.

· Ngutang Mayit di Bali

Masyarakat Bali ada yang tidak mengubur jenazah orang yang telah meninggal. Di desa Trunyan, manusia yang telah meninggal ditaruh di bawah pohon dan tidak dikubur atau dibakar. Upacara penyemayaman mayat di bawah pohon ini disebut Ngutang Mayit.

· Tindik Telinga di Kalimantan Timur

Pada masyarakat Suku Dayak, menindik (melubangi) telinga merupakan satu kebanggaan tersendiri. Mereka ada yang memasang anting lebih dari lima buah.

· Larung Sesaji di Daerah Istimewa Yogyakarta

Sebagian masyarakat DI Yogyakarta percaya bahwa di Laut Selatan (Samudera Indonesia) terdapat penguasa makhluk halus yaitu Nyai Roro Kidul. Untuk mendapatkan perlindungan dan menghindari kemarahan Ratu Selatan, sebagian penduduk melakukan upacara Larung Sesaji. Mereka memberikan sesaji dengan cara dilarung (dihanyutkan) di pantai selatan.

Latihan

§ Upacara larung sesaji diadakan di daerah...

§ Apa nama upacara adat yang berasal di provinsi Bali…

1 komentar: