Rabu, 29 Juni 2011

MODUL PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SATUAN PENDIDIKAN : SD.Kanjuruhan 01 Malang
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
KELAS / SEMESTER : V / I
ALOKASI WAKTU : 3 JP/Minggu
HARI, TANGGAL : Selasa, 06-06-2011
I.STANDAR KOMPETENSI :
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Buddha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.
II.KOMPETENSI DASAR :
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
III.INDIKATOR :
1. Menemutunjukkan pada peta beberapa suku bangsa yang ada di Indonesia.

2 Menceritakan pentingnya perbedaan dalam mempersatukan wilayah Indonesia.
3. Mengidentifikasikan keragaman budaya yang terdapat di Indonesia.

4. Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Agar siswa mengetahui peta beberapa suku bangsa yang ada di Indonesia.
2. Agar siswa memahami perbedaan dalam mempersatukan wilayah negara Indonesia.
3. Agar siswa mampu mengindentifikasi keragaman budaya yang ada di Indonesia
4. Agar siswa mampu mengembangkan sikap menghormti keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

V. METODE PEMELAJARAN :
a. Ceramah berfariasi;
b. Diskusi;
c. Tanya Jawab;
d. Kerja Kelompok;
e. Percobaan;
f. Pengamatan;
g. Penugasan.

VI. MATERI POKOK :
Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar